Just another WordPress.com site

Jantung


Kenali Penyakit Jantung Sejak Dini

Jantung adalah sebuah otot dalam tubuh kita yang memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam suatu serangan jantung (myocardial infarction), bagian dari otot jantung mati sewaktu tidak mendapatkan darah. Untuk tetap sehat, jantung membutuhkan oksigen dan zat-zat gizi lain yang dibawa oleh darah. Ini didapatkan melalui arteria (pembuluh darah) koroner, yang membungkus bagian luar jantung.

Penyakit jantung yang paling umum terjadi adalah penyakit kronis pada arteria koroner yang disebut aterosklerosis. Sehingga penyakit jantung yang umum dikenal dan paling banyak diderita adalah penyakit jantung koroner atau penyakit arteria koroner. Penyakit ini paling sering menyebabkan serangan jantung pada seseorang yang bisa menyebabkan kematian.

Apa penyebab penyakit jantung koroner? Penyebabnya adalah penyempitan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh ini berfungsi untuk menyediakan darah ke otot jantung. Penyempitan disebabkan oleh tumpukan kolesterol atau protein lain yang berasal dari makanan yang masuk dalam tubuh. Akibat penumpukan ini menyebabkan pembuluh darah koroner menjadi kaku. Kekakuan ini disebut sebagai aterosklerosis.
Gejala Penyakit Jantung

Berikut ini gejala yang umum terjadi bagi penderita penyakit jantung yang patut diwaspadai semua orang:

Nyeri dada

Adanya rasa nyeri atau sakit di dada yang disebut sebagai angina. Jangan tertipu dengan menyangka itu hanya gangguan pencernaan biasa, karena banyak orang menyangka seperti itu padahal mereka telah mengalami gangguan pada jantungnya. Selain itu, penderita penyakit jantung akan merasakan dadanya tertekan selama 30 detik atau lebih.

Napas tersengal

Penderita penyakit jantung akan mengalami gejala seperti napas tersengal-sengal dan kelelahan.

Keringat dingin

Salah satu yang perlu diwaspadai jika Anda mulai sering keringat dingin, jantung berdebar, pusing dan sering merasa mau pingsan. Itu merupakan gejala penyakit jantung.

Kelelahan

Beberapa orang mengalami napas tersengal-sengal atau kelelahan dan perasaan lunglai sebagai gejalanya, mengindikasikan bahwa jantung tidak mendapatkan cukup oksigen karena penyumbatan koroner.

Serangan jantung ringan

Biasanya beberapa hari menjelang mengalami serangan jantung hebat, seseorang akan mengalami kontraksi otot secara tiba-tiba di dada yang merupakan serangan kecil atau serangan jantung ringan. Serangan jantung ringan umum terjadi sebelum serangan besar beberapa hari kemudian.

Jika Anda sering mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: